Monday, June 23, 2014

Periksa Koneksi Jaringan Dengan CMD

Periksa Koneksi Jaringan Dengan CMD

PING adalah perintah yang digunakan untuk memeriksa hubungan antara komputer pengirim dan komputer target, karena PING bekerja dengan cara mengirim paket kekomputer target, kemudian komputer pengirim menunggu respon dari komputer target. Apabila komputer target memberikan respon, boleh dibilang adanya hubungan kedua komputer tersebut, yaitu adanya hubungan antara komputer pengirim dan komputer target.

Untuk mengetahui kegunaan dan fungsi yang lebih banyak dari Ping, silahkan googling ke blog atau website sahabat-sahabat lainnya.

Langsung saja bagaimana menggunakan perintah PING:

  1. Sebelumnya anda jalankan aplikasi cmd, jika belum tahu cara menjalankan aplikasi cmd, silahkan kesini.
  2. Setelah itu tentukan target_name yang akan dikirimkan paket, semisal dalam contoh ini adalah PING ke localhost atau 127.0.0.1:

    Periksa Koneksi Jaringan Dengan CMD 2

    Silahkan lihat gambar diatas pada bagian yang diberikan tanda lingkaran merah, jika 0% Lost-nya berarti koneksi jaringan bisa dikatakan mempunyai kualitas yang cukup baik. Silahkan gunakan PING ke situs-situs tertentu, misalnya contoh berikut nge-PING ke www.example.com:

    ping www.example.com

    Atau nge-PING IP dari www.example.com:

    ping 93.184.216.119

    Secara default banyaknya paket yang akan dikirim oleh komputer pengirim kekomputer target adalah sebanyak 4 kali, agar paket dikirim lebih banyak gunakan parameter [-n count]. Contohnya berikut mengirim paket ke www.example.com sebanyak 32 kali:

    ping -n 32 www.example.com

    Untuk menghentikan proses nge-PING yang sedang berlangsung, tekan Ctrl+C.

  3. Selesai.

Seperti biasa untuk keterangan lebih lengkap dari PING, ketik:

ping /?

Jangan lupa Enter untuk menampilkannya.