Thursday, June 12, 2014

Menghilangkan Atribut File Atau Folder Dengan CMD

Menghilangkan Atribut Dari File Atau Folder Dengan CMD

Perintah command prompt yang digunakan untuk menghilangkan atribut dari file atau folder adalah ATTR -X, dimana X bisa mewakili salah satu dari berikut:

  • R (read-only)
  • H (hidden)
  • S (system)
  • atau A (archive)

Perintah ini sama seperti seperti melakukan klik kanan pada sebuah file atau folder kemudian memilih Properties dan menghilangkan centang pada salah satu atribut di Attributes.

Langsung saja:

  1. Jalankan aplikasi cmd, jika belum tahu bagaimana menjalankan aplikasi cmd, silahkan kehalaman cara buka aplikasi cmd.
  2. Awal pertama anda menjalankan cmd, anda akan berada dilokasi personal directory, yaitu C:\Users\username\, kalau di saya:

    C:\Users\TOSHIBA>

  3. Silahkan navigasi dimana berada folder atau file yang ingin anda hilangkan atributnya, untuk bagaimana navigasi dengan cmd, anda bisa ke navigasi di cmd.
  4. Berikut contoh perintah menghilangkan atribut H (hidden) dari folder bernama RAHASIA yang ada didirektori D:

    D:\>attrib -h RAHASIA

    Jika berhasil folder RAHASIA akan kelihatan yang sebelumnya tersembunyi. Pastikan parameter - wajib digunakan, karena parameter - berguna untuk menghilangkan atribut dari file atau folder.

    Contoh lagi, berikut perintah menghilangkan atribut A (archive) dari folder bernama RAHASIA yang ada didirektori D:

    D:\>attrib -a RAHASIA

    Jika berhasil, folder RAHASIA yang sebelumnya mempunyai atribut Archive akan diuncheck.

    Contoh lagi, berikut perintah menghilangkan atribut H (hidden) dari semua file berekstensi .txt didalam folder RAHASIA:

    D:\RAHASIA>attrib -h *.txt

  5. Selesai.

Tambahan:
Anda bisa menambahkan parameter /S dan /D agar perintah ini berlaku kepada semua folder dan file yang terdapat didalam direktori itu sendiri, dan juga berlaku kepada semua folder dan file yang terdapat didalam subdirektorinya. Tetapi, jika ingin berlaku hanya kepada semua file yang terdapat didalam direktori itu sendiri, dan juga berlaku kepada semua file yang terdapat didalam subdirektorinya, cukup gunakan parameter /S dan tanpa perlu gunakan parameter /D.

Contoh berikut menampilkan semua file teks yang ada didalam folder RAHASIA dan juga semua file teks yang ada didalam subfoldernya, jika sebelumnya mereka tersembunyi:

D:\RAHASIA>attrib -h /s *.txt

Contoh berikut menghilangkan atribut Archive dari semua folder dan file yang ada didalam folder RAHASIA dan juga semua folder dan file yang ada didalam subfoldernya:

D:\RAHASIA>attrib -a /s /d