Sunday, June 15, 2014

Menggunakan Wildcards Didalam Perintah CMD

Menggunakan Wildcards Didalam Perintah

Wildcard adalah karakter khusus yang membantu melengkapi nama dari file, folder, printer, atau resource lain pada komputer lokal atau remote.

Wildcard bisa anda gunakan ketika anda tidak mau mengetik namanya secara penuh atau memang dikarenakan anda tidak mengetahui nama lengkap dari file atau folder itu sendiri, jadi disini anda bisa memanfaatkan wildcard.

Termasuk wildcard itu adalah:

  • * (tanda bintang)
    Mewakili semua karakter apapun termasuk spasi sebanyak tak terhingga.
  • ? (tanda tanya)
    Mewakili sembarang karakter sebanyak satu.

Contoh-contohnya:

Menampilkan daftar dari semua file yang namanya berawalan 'my' dengan ekstensi file apapun, seperti mytxt.txt, mydoc.doc, mybath.bath pada drive G:

C:\Users\TOSHIBA>dir G:\my*.*

Menampilkan daftar dari semua file yang namanya berawalan 'my' dengan ekstensi file .txt, seperti mytxt.txt, myfile.txt pada drive G:

C:\Users\TOSHIBA>dir G:\my*.txt

Menampilkan daftar dari semua file yang namanya berawalan 'mytxt' dengan ekstensi file apapun pada drive G, disini karakter ? berguna menggantikan 1 karakter setelah 'mytxt':

C:\Users\TOSHIBA>dir G:\mytxt?.*

Menampilkan daftar dari semua file yang namanya berawalan 'mytxt' dengan ekstensi file .txt, seperti mytxt1.txt, mytxt2.txt, mytxt3.txt, mytxt4.txt pada drive G, disini karakter ? berguna menggantikan 1 karakter setelah 'mytxt':

C:\Users\TOSHIBA>dir G:\mytxt?.txt

Menampilkan daftar dari semua file yang nama filenya memiliki 2 huruf depan sembarang dan diikuti 'txt' dengan ekstensi apapun:

C:\Users\TOSHIBA>dir G:\??txt.*

Contoh berikut mengcopy semua file apapun yang ada di drive G ke drive D:

C:\Users\TOSHIBA>copy G:\*.* D:\

Silahkan coba dengan pola-pola lainnya.