Sunday, June 15, 2014

Menambahkan Data Dari Banyak File Dan Menuliskannya Ke Single File Dengan CMD

Menambahkan Data Dari Banyak File Dan Menuliskannya Ke Single File

Perintah COPY mengizinkan anda untuk menambahkan data dari banyak file dan kemudian menuliskannya ke single file yang telah ditentukan.

Anda perlu memisahkan file-file sumber itu dengan tanda + (tanda tambah) lalu menentukan file yang akan menjadi tujuannya.

Berikut contohnya:

  1. Jalankan aplikasi cmd, jika belum tahu bagaimana menjalankan aplikasi cmd, silahkan kehalaman cara buka aplikasi cmd.
  2. Awal pertama anda menjalankan cmd, anda akan berada dilokasi personal directory, yaitu C:\Users\username\, kalau di saya:

    C:\Users\TOSHIBA>

    Sebelumnya anda bisa navigasi dengan cmd, silahkan ke navigasi di cmd.

    Berikut file1.txt, file2.txt dan file3.txt yang ada di drive D digunakan sebagai sumber file, kemudian menuliskannya ke file ComboFile.txt yang ada di direktori FinalFile pada drive G:

    D:\>copy file1.txt+file2.txt+file3.txt G:\FinalFile\ComboFile.txt

    Jika tidak menetapkan lokasi tujuan (destination), maka data ditulis kefile pertama dalam urutan perintah pada folder yang ada:

    D:\>copy file1.txt+file2.txt+file3.txt

    Coba buka file file1.txt pada drive D setelah anda mengeksekusi perintah diatas, anda akan menjumpai 3 data dari file1.txt, file2.txt dan file3.txt dituliskan ke file1.txt pada drive D.

    Anda bisa menggunakan wildcards untuk mengkombinasikan beberapa sumber file.

    Berikut contoh mengkombinasikan semua file dengan ekstensi .txt dan menuliskannya ke tujuan yaitu file ComboFile.txt didalam folder FinalFile:

    D:\>copy *.txt G:\FinalFile\ComboFile.txt

    Berikut contoh mengkombinasikan semua file yang mana empat karakter pertamanya adalah 'file' dengan ekstensi .txt dan menuliskannya ke tujuan yaitu file ComboFile.txt didalam folder FinalFile:

    D:\>copy file?.txt G:\FinalFile\ComboFile.txt

  3. Selesai.