Wednesday, September 18, 2013

Mengenal Pages dan Groups di Facebook

Pages disediakan oleh Facebook untuk organisasi, perusahaan, orang tenar (misal: artis, tokoh publik) yang ingin mengkomunikasikan informasi-informasi terkaitnya secara luas kepada siapa saja atau kepada orang-orang yang terdaftar di Facebook.

Sedangkan Groups disediakan oleh Facebook sebagai tempat atau ruang untuk sekelompok orang yang telah terdaftar di Facebook agar dapat saling berkomunikasi sekitar minat yang bisa disharing kepada siapapun atau bisa di sharing hanya untuk orang-orang yang tergabung didalamnya, ini semua tergantung pengaturan dari group itu sendiri.

Di Pages informasi yang disediakan bersifat publik dan secara umum dapat dilihat oleh setiap orang yang terdaftar di Facebook tanpa perlu me-LIKE-nya ataupun menunggu persetujuan dari si adminnya.

Untuk mendapatkan informasi-informasi terbaru dari suatu Pages dan menampilkannya pada News Feed kita, terlebih dahulu harus me-LIKE pagenya. Misalkan saja ketika saya me-LIKE page dari Om Mario Teguh, saya akan mendapati berita-berita yang disajikan oleh Pages dari Om Mario Teguh itu di News Feed.

Lain di Groups, untuk mendapatkan informasi didalamnya, sebelumnya kita harus sudah disetujui baik oleh admin atau oleh anggota lainnya agar bisa bergabung, setelah itu baru bisa kita mendapatkan atau melihat informasi-informasi yang ada didalamnya.

Kelebihan Groups daripada Pages adalah di Groups setiap anggota dapat berinteraksi positif dan saling berbagi apapun dengan sesama anggotanya, misal berbagi dokumen dan informasi-informasi lainnya dan tentunya lebih interaktif dibandingkan dengan Pages.

Tetapi semua itu tergantung dari kebutuhan.