Tuesday, May 6, 2014

Membuat Sumber Yang Dilink Terbuka Di Halaman Baru Ketika Tautan Diklik

Membuat Sumber Yang Dilink Terbuka Di Halaman Baru Ketika Tautan Diklik 1

Penggunaan link yang sifatnya membuat sumber yang dilink terbuka di halaman baru atau tab baru ketika tautan diklik pengguna memang sering diaplikasikan oleh admin sebuah blog terhadap sumber-sumber diluar blognya, selain penggunaan rel='nofollow'.

Baik langsung saja jika anda ingin membuat link yang apabila teks tautannya diklik pengguna sumber yang dilink akan terbuka pada jendela baru atau pada tab baru.

Format standard untuk membuat tautan adalah sebagai berikut:

<a href="Sumber_Yang_Dilink">Anchor text here!</a>

Ganti Sumber_Yang_Dilink dengan URL dari sumber tujuan yang dilink, misalkan contoh kode berikut jika diklik akan membuka halaman homepage dari be-htmlcss.blogspot.com.

<a href="http://be-htmlcss.blogspot.com/">visit to be-htmlcss</a>

Tetapi jika anda menambahkan target='_blank' pada tag a diatas, maka halaman homepage dari be-htmlcss.blogspot.com akan dibuka atau ditampilkan pada halaman baru atau tab baru.

<a href="http://be-htmlcss.blogspot.com/" target="_blank">visit to be-htmlcss</a>

Jadi agar sumber yang dilink terbuka pada jendela baru atau tab baru, anda cukup tambahkan target='_blank' pada tag a.

Alasan penggunaannya mungkin agar pengunjung tidak secara langsung meninggalkan blognya. Memang dengan tidak menerapkan metode ini blog yang ada langsung tertimpa oleh sumber yang dilink. Akan tetapi jika sumber yang dilink itu masih didalam satu blog yang sama sebaiknya penggunaan metode ini ditinggalkan, jika dipaksakan untuk diterapkan juga bisa-bisa akan membuat kesal pengunjung yang ada.

Tetapi itu semua terserah anda saja.