Sunday, July 28, 2013

Manfaat Ketika Sudah Mempunyai Email

Sebelum alat komunikasi seperti zaman sekarang ini, untuk mengetahui kabar dari sanak saudara kita perlu memakan waktu yang bisa di bilang agak lama, karena prosesnya begitu jelumit.

Dahulu hanya orang-orang tertentu saja yang memiliki alat komunikasi yang mumpuni, semisal HP, apalagi internet. Dan bagi saya hanya surat menggunakan jasa POS saja yang bisa diandalkan.

Tipe HP dulu yang bisa kita bilang jadul klasik pada sekarang ini, dahulu itu merupakan kebanggaan tersendiri bagi yang mempunyainya. Tetapi itu dulu, tidak sekarang...

Buktinya!!! semenjak saya konsultasi ke klinik Entong Fank saya telah memiliki HP, meskipun dapat dari utangan orang, terimakasih Entong Fank sungguh besar jasamu. Bagaimana dengan kalian?

Yap, Apa itu Email? Email adalah kependekan dari Electronic Mail. Dengan email kita dapat menyusun, mengirim, membaca, membalas, dan mengelola pesan secara elektronis dengan mudah dan cepat.

Kini banyak penyedia email gratis, antaranya Yahoo dengan Yahoo! mailnya dan Google dengan Gmailnya. Yahoo dan Google adalah pihak penyedia email yang sering digunakan oleh banyak kalangan, silahkan mendaftar di sana.

Oke berhubung judulnya manfaat dari email, mari kita mencoba secara berjamaah menjabarkannya:

  1. Berkirim surat online

    Dengan email kita bisa mengirim surat secara online, misalnya ke calon tunangan. Isi dari surat itu tidak terbatas hanya mengirim teks saja, bisa ditambahkan dengan Gambar, File, Photo dan sebagainya.

  2. Biaya lebih murah

    Kemanapun tujuan dari email kita, misalkan kita di Jakarta dan ingin kirim Email kepada Emak kita yang kebetulan tinggalnya di Amerika, atau kita di Jakarta dan ingin kirim Email kepada sahabat kita yang kebetulan tinggalnya di Bandung, biayanya tetap sama, cuma bayar koneksi internetannya saja. Seperti pepatah bilang Cukup IDR 500 bisa internetan 24 jam Semaunya. Hanya dengan nominal segitu saja kita bisa kirim email selama 24 jam, Bagaimana? Murah tentunya.

  3. Syarat Wajib

    Email syarat wajib, nggak boleh nggak harus di miliki bagi siapapun yang ingin bermain-main di dunia maya. Di dunia maya selain uang, emailpun harus ada. Contohnya ketika ingin bergabung ke Facebook atau Twitter, email harus disediakan. Ingin mengirim lamaran secara online pada sebuah perusahaan tertentu, emailpun harus ada. Banyak lagi.

  4. Berlangganan informasi

    Dengan memiliki email kita bisa mendapatkan banyak informasi, misalnya berlangganan informasi dari situs-situs yang memang di kehendaki. Informasi itu bisa saja informasi sekitar lowongan pekerjaan, informasi kesehatan, informasi mencari uang di internet, masih banyak lagi sih.

Manfaat dari email tidak sebatas dari 4 di atas itu saja, masih banyak lagi. Itu semua dikembalikan bagaimana kita memanfaatkan sebaik mungkin email yang kita miliki.

Untuk bagaimana cara mendaftar email, bisa masukkan frase cara daftar email di mesin pencari Om Google, nanti referensi blog atau situs yang membahas tutorial cara membuat email akan ditampilkan.